RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang studi : IPA
Mata Pelajaran : KIMIA
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/2
Pokok pembahasan : senyawa Hidrokarbon
Sub pokok pembahasan : ALKANA, ALKENA, dan ALKUNA
Waktu : 30 menit
I. Standar kompetensi
Memahami manfaat dan nilai guna materi yang disampaikan
II. Kompetensi dasar
Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat-sifat senyawa.
III. Indikator-indikator
A. Indikator kognitif
Setelah kegiatan belajar mengajar siswa dapat:
1. Menuliskan rumus umum alkana.
2. Memberi nama senyawa alkana berdasarkan rumus molekul menurut IUPAC .
3. Menjelaskan konsep isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkana.
4. Menuliskan reaksi sederhana pada alkana (reaksi oksidasi, substitusi, dan perengkahan).
B. Indikator afektif
1. Mengajukan pertanyaan
2. Menjawab pertanyaan
3. Menyampaikan ide/pendapat
4. Mendengarkan dengan aktif
IV. Analisis mata pelajaran
A. Materi prasyarat
Kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon. ikatan kovalen, struktur Lewis.
B. Materi inti
Lihat Buku Siswa halaman 58-64 dan 76-77 dan LKS 1.
C. Materi pengayaan
Menginformasikan penggunaan senyawa alkana. Misalnya: propana digunakan sebagai bahan bakar pada kompor gas, pemantik api menggunakan butana sebagai bahan bakar.
V. Kegiatan belajar mengajar
A. Model, Pendekatan dan Metode
Model : Belajar kooperatif tipe jigsaw
Pendekatan : Konsep
Metode : Diskusi kelompok
B. Langkah-langkah kegiatan
1. Pendahuluan
Fase I: Penyampaian tujuan, dan motivasi siswa (10’)
a. Siswa menyimak tujuan pembelajaran tentang submateri alkana yang meliputi indikator kognitif, indikator afektif, dan indikator sosial dengan charta.
b. Siswa diberitahu bahwa setelah pemebelajaran selesai akan ada penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
c. Siswa memperhatikan bebarapa gambar contoh senyawa alkana yang ditampilkan oleh guru.
2. Kegiatan Inti
Fase 2: Menyajikan informasi (10’)
a. siswa mengingat kembali materi pelajaran sebelumnya tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen dan struktur Lewis dengan bantuan penjelasan dari guru.
b. Siswa mengaitkan pengetahuan awal tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen, dan struktur Lewis dengan materi alkana. Alkana merupakan salah satu pembagian hidrokarbon alifatik berdasarkan kejenuhan ikatan antar karbonnya.
c. Guru menampilkan charta tentang bagan materi hidrokarbon (Terlampir)
Fase 3:Siswa berkumpul dalam kelompok (10’)
Siswa berkumpul dengan kelompok asal masing-masing sesuai pembagian yang ditentukan oleh guru (terlampir dalam Lampiran A.6).
Fase 4: Diskusi belajar
a. Membaca, menelaah, menginterpetasi (20’)
(1) Siswa menerima LKS 1 dari guru
(2) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang topik ahli yang ada pada LKS 1, yaitu :
Topik Ahli 1 : Tata Nama Alkana (Buku siswa hal. 61-63, LKS 1)
Topik Ahli 2 : Isomer pada Alkana (Buku siswa hal. 60, LKS 1)
Topik Ahli 3 : Sifat Fisis Alkana (Buku siswa hal. 60 , LKS 1)
Topik Ahli 4 : Sifat Kimia Alkana (Buku siswa hal. 76-77, LKS 1)
(3) siswa mulai membaca dan menelaah topik masing-masing. (Pada saat yang sama guru mengingatkan siswa bahwa kalau ada hal yang ingin ditanyakan, terlebih dahulu ditanyakan kepada teman kelompok sebeluim ditanyakan kepada guru.
b. Diskusi kelompok ahli (30’)
(1) Siswa bergabung dengan kelompok ahli masing-masing.
(2) Siswa berdiskusi dalam kelompok ahli sesuai keahlian masing-masing, dan mengerjakan LKS 1.
c. Diskusi kelompok asal (40’)
(1) Siswa kembali berkumpul dengan kelompok asalnya masing-masing.
(2) Siswa secara bergiliran menjelaskan tugasnya kepada teman kelompok asal.
d. Diskusi kelas dipimpin oleh guru (20’). Setiap kelompok ikut memberikan pendapat.
3. Penutup
Fase 5: Menyimpulkan (10’)
a. Siswa menyimak dan ikut serta menyimpulkan materi alkana dan ditegaskan oleh guru.
b. Siswa menerima tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan. (Apabila waktu kurang, maka dijadikan tugas rumah)
C. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Charta
Sumber Ajar : Kimia SMA Kelas I B Piranti
LKS 1
Buku-buku lain yang relevan
VI. Evaluasi
Tujuan evaluasi : Formatif (ulangan blok)
Jenis evaluasi : Tes tertulis (soal terlampir dalam Lampiran B.2)
Waktu evaluasi : 2 x 40 menit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2) KELAS EKSPERIMEN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Materi pokok : Senyawa Hidrokarbon
Submateri pokok : Alkena
Kelas/Semester : X/2
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
I. Standar kompetensi
Memahami senyawa organik dan makromolekul, menentukan hasil reaksi dan mensintesis hasil reaksi dan mensintesis makromolekul serta kegunaannya.
II. Kompetensi dasar
Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat-sifat senyawa.
III. Indikator-indikator
A. Indikator kognitif
Setelah kegiatan belajar mengajar siswa dapat:
1. Menuliskan rumus umum alkena.
2. Menuliskan aturan penamaan alkena.
3. Menjelaskan hubungan titik didih senyawa alkena dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya
4. Menjelaskan konsep isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkena.
5. Menuliskan reaksi sederhana pada alkena (reaksi oksidasi, adisi, dan polimerisasi).
6. Menyebutkan sumber dan kegunaan alkena.
B. Indikator afektif
5. Mengajukan pertanyaan
6. Menjawab pertanyaan
7. Menyampaikan ide/pendapat
8. Mendengarkan dengan aktif
IV. Analisis mata pelajaran
A. Materi prasyarat
Kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon. ikatan kovalen, struktur Lewis, alkana.
B. Materi inti
Lihat Buku Siswa halaman 65-70 dan 76-77 dan LKS 2.
C. Materi pengayaan
Menginformasikan penggunaan senyawa alkena, misalnya permen karet mengandung karet sintetis strirena butadiena yang merupakan kelompok senyawa alkena..
V. Kegiatan belajar mengajar
A. Model, Pendekatan dan Metode
Model : Belajar kooperatif tipe jigsaw
Pendekatan : Konsep
Metode : Diskusi kelompok
B. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pendahuluan
Fase I: Penyamapian tujuan dan motivasi siswa (10’)
a. Siswa menyimak tujuan pembelajaran tentang submateri alkena yang meliputi indikator kognitif, indikator afektif, dan indikator sosila dengan charta.
b. Siswa diingatkan kembali bahwa setelah pembelajaran akan ada penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
c. Siswa memperhatikan gambar contoh senyawa alkena yang diperlihatkan oleh guru.
2. Kegiatan Inti
Fase 2: Menyajikan informasi (10’)
a. siswa mengingat kembali materi pelajaran sebelumnya tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen, struktur Lewis, dan alkana.
b. Siswa mengaitkan pengetahuan awalnya tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen, struktur Lewis, dan alkana dengan materi alkena. Alkena merupakan salah satu pembagian hidrokarbon alifatik berdasarkan kejenuhan ikatan antar karbonnya.
Fase 3: Siswa berkumpul dalam kelompok (10’)
Siswa berkumpul dalam kelompok asal masing-masing sesuai pembagian yang ditentukan oleh guru (terlampir dalam Lampiran A.6)
Fase 4: Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
a. Membaca, menelaah, menginterpetasi (20’)
(1) Siswa menerima LKS 2 dari guru.
(2) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang topik ahli yang ada pada LKS 2, yaitu:
Topik Ahli 1 : Tata Nama Alkena (Buku siswa hal. 66, LKS 2)
Topik Ahli 2 : Isomer pada Alkena (Buku siswa hal. 67, LKS 2)
Topik Ahli 3 : Sifat Fisis Alkena (Buku siswa hal. 68, LKS 2)
Topik Ahli 4 : Sifat Kimia Alkena (Buku siswa hal. 76-77, LKS 2)
(3) Siswa membaca dan menelaah tugas masing-masing. (pada saat yang sama guru mengingatkan siswa bahwa kalau ada tugas yang ingin ditanyakan, terlebih dahulu ditanyakan kepada teman kelompok sebelum ditanyakan kepada guru)
b. Diskusi kelompok ahli (30’)
(1) Siswa bergabung dengan kelompok ahli masing-masing.
(2) Siswa berdiskusi dalam kelompok ahli dan menyelesaikan tugas di LKS 2.
c. Diskusi kelompok asal (40’)
(1) Siswa kembali bergabung dengan kelompok asalnya masing-masing.
(2) Siswa secara bergiliran menjelaskna tugasnya kepada teman kelompok asal.
d. Diskusi kelas dipimpin oleh guru (20’). Setiap kelompok ikut memberi pendapat.
3. Penutup
Fase 5: Menyimpulkan (10’)
a. Siswa menyimak dan ikut serta menyimpulkan materi alkena, ditegaskan kembali oleh guru.
b. Siswa menerima tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan. (Apabila waktu tidak cukup maka tugas tersebut dijadikan tugas rumah).
C. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Charta
Sumber Ajar : Kimia SMA Kelas I B Piranti
LKS 2
Buku-buku lain yang relevan
VI. Evaluasi
Tujuan evaluasi : Formatif (ulangan blok)
Jenis evaluasi : Tes tertulis (soal terlampir dalam Lampiran B.2)
Waktu evaluasi : 2 x 40 menit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3) KELAS EKSPERIMEN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon
Sub Materi Pokok : Alkuna
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami senyawa organik dan makromolekul, menentukan hasil reaksi dan mensintesis hasil reaksi dan mensintesis makromolekul serta kegunaannya.
II. Kompetensi Dasar
Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat-sifat senyawa.
III. Indikator-Indikator
A. Indikator kognitif
Setelah kegiatan belajar mengajar siswa dapat:
1. Menuliskan rumus umum alkuna.
2. Menuliskan aturan penamaan alkuna.
3. Menjelaskan hubungan titik didih senyawa alkuna dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya
4. Menjelaskan konsep isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkuna
5. Menuliskan reaksi sederhana pada alkuna (reaksi oksidasi, adisi, dan polimerisasi).
6. Menyebutkan sumber dan kegunaan alkuna.
B. Indikator afektif
1. Mengajukan pertanyaan
2. Menjawab pertanyaan
3. Menyampaikan ide/pendapat
4. Mendengarkan dengan aktif
IV. Analisis Mata Pelajaran
A. Materi Prasyarat
Kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon. ikatan kovalen, struktur Lewis, alkana dan alkena.
B. Materi Inti
Lihat Buku Siswa halaman 71-78 dan LKS 3.
C. Materi Pengayaan
Menginformasikan penggunaan senyawa alkuna. Misalnya: Pengelasan logam menggunakan gas etuna (asetilen) salah satu kelompok alkuna.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Model, Pendekatan dan Metode
Model : Belajar kooperatif tipe jigsaw
Pendekatan : Konsep
Metode : Diskusi kelompok
B. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pendahuluan
Fase I: Menyajikan rencana dan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa (5’)
a. Siswa menyimak tujuan pembelajaran tentang sub materi pokok alkuna yang meliputi indikator produk, indikator afektif, dan indikator sosial dengan charta.
b. Siswa diingatkan kembali bahwa setelah pembelajaran akan ada penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
2. Kegiatan Inti
Fase 2: Menyajikan informasi (10’)
a. Siswa mengingat kembali materi pelajaran sebelumnya tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen, struktur Lewis, alkana dan alkena.
b. Siswa mengaitkan pengetahuan awalnya tentang kekhasan atom karbon, komposisi hidrokarbon, ikatan kovalen, struktur Lewis, alkana dan alkena dengan materi alkuna. Alkuna merupakan salah satu pembagian hidrokarbon alifatik berdasarkan kejenuhan ikatan antar karbonnya.
Fase 3:Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok (5’)
Siswa berkumpul dalam kelompok asal masing-masing sesuai pembagian kelompok yang ditentukan oleh guru (Lampiran A.6).
Fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar
a. Membaca, menelaah, menginterpetasi (15’)
(1) Siswa menerima LKS 3 dari guru.
(2) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang topik ahli yang ada pada LKS 3, yaitu :
Topik Ahli 1 : Tata Nama Alkuna (Buku siswa hal. 72, LKS 3)
Topik Ahli 2 : Isomer pada Alkuna (Buku siswa hal. 72, LKS 3)
Topik Ahli 3 : Sifat Fisis Alkuna (Buku siswa hal. 73, LKS 3)
Topik Ahli 4 : Sifat Kimia Alkuna (Buku siswa hal. 76-77, LKS 3)
(3) Siswa membaca dan menelaah tugas masing-masing. (Pada saat yang sama, guru mengingatkan siswa kalau ada hal yang ingin ditanyakan, terlebih dahulu ditanyakan kepada teman kelompok sebelum ditanyakan kepada guru).
b. Diskusi kelompok ahli (20’)
(1) Siswa bergabung dengan kelompok ahli masing-masing.
(2) Siswa berdiskusi dalam kelompok ahli dan menyelesaikan tugas di LKS 3.
c. Diskusi kelompok asal (30’)
(1) Siswa kembali bergabung dengan kelompok asalnya masing-masing.
(2) Siswa secara bergiliran menjelaskan tugasnya kepada teman kelompok asal.
d. Diskusi kelas dipimpin oleh guru (25’). Setiap kelompok ikut memberi pendapat.
3. Penutup
Fase 5: Menyimpulkan (10’)
a. Siswa menyimak dan ikut serta menyimpulkan materi alkuna, ditegaskan oleh guru..
b. Siswa menerima tugas untuk mengerjakan soal-soal latiha.n. (Apabila waktu tidak cukup maka tugas tersebut dijadikan tugas rumah).
C. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Charta
Sumber Ajar : Kimia SMA Kelas I B Piranti
LKS 3
Buku-buku lain yang relevan
VI. Evaluasi
Tujuan evaluasi : Formatif (ulangan blok)
Jenis evaluasi : Tes tertulis (soal terlampir dalam Lampiran B.2)
Waktu evaluasi : 2 x 40 menit
http://islamdansainskimia.blogspot.com/2008/02/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-kimia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar